Panduan Tata Cara Shalat Dhuha Beserta Doa nya

Tataa Cara Shalat Dhuha beserta Doa nya 

Solat dhuha yaitu solat sunah yang dilakukan oleh seorang muslim ketika waktu dhuha. waktu dhuha yaitu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya matahari, tepatnya dilakukan pada pukul 07.00 hingga sebelum datangnya shalat dzuhur yaitu pukul 12.00. jumlah rakaat dalam shalat dhuha yaitu minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rekaat, serta dilakukan dalam satuan 2 rekaat sekali salam.

keutamaan shalat dhuha yaitu melapangkan dada dalam segala hal terutaama dalam hal rizeki, mempermudah melakukakan segala sesuatu, mendapatkan pahala solat sunah, dan masih banyak lagi, tetapi yang paling utama ialah dalam hal rezeki,seperti pada sabda rasulullah saw dalam hadist khudsi, Allah SWT berfirman, “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat salat duha, karena dengan salat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim & Thabrani), tidak hanya keperluan rohani saja tetapi shalat duha juga mempunyai manfaat dalam hal kesehatan yaitu bisa menangakal stress karna kesibukan sehari-hari. Masih banyak lagi manfaat shalat duha yang perlu kita ketahui yang tidak cukup di jelaskan hanya sekilas saja. 

adapun tata cara shalat duha yaitu dilakukan seperti solat 2 rekaat pada umumnya, niat, takbiratul ikram , membaca alfatihah dan suratan, itidal, rukuk dan sujud, pasti anda sudah memahaminya bukan? hanya saja suratan yang dibaca sedikit berbda. berikut niat dan tata cara solat duha:



niat shalat dhuha



اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحَى رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATADH DHUHAA ROK'ATAINI LILLAAHI TA'AALA
Artinya; "Aku niat shalat dhuha 2 rakaat karena allah taa'ala"
Setelah niat shalat dhuha takbiratul ikhram, lalu membaca surat alfatihah seperti shalat pada umumnya .bacaanya yaitu:


سْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

pada rakaat pertama setelah membaca surah alfatihah lalu membaca surat asy-syam, berikut bacaanya :

Image result for asy syam

 Dilanjutkan rukuk, iktidal dan sujud seperti solat biasa, sampai beridiri kembali membaca alfatihah dan membaca surah ad dhuha berikut bacaanya;

Image result for surah ad duha
Surat aduha diatas dibaca setelah membaca surah alfatihah pada rakaat kedua solat dhuha, setelah itu rukuk, itidal lalu sujud dan salam.

Bacaan dzikir shalat dhuha

 Setelah selsai melakukan solat duha, seperti solat pada umumnya melakukan dzikir dengan khusyu seprti membaca istighfar 100 kali, membaca shalawat nabi, bertasbih, bertahmid dan bertakbir yang bertujuan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, Setelah itu bisa lanjut dengan doa setelah shalat duha, adapun bacaan setelah shalat duha yaitu;
للهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.
Artinya;“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”. 
Bacaan diatas adalah doa sesudah shalat dhuha, dibaca setelah shalata dhuha, adapun bila tidak hafal dengan doa ini bisa dengan bahasa indonesia saja , juga pada saat shalat tidak diharuskan membaca surat yang sudah ditentukan diatas, bisa dengan surat-suratan pendek yang biasa dibaca saat shalat waajib biasa, karena intinya sama saja , sama sama beribadah dan itu baik, memberikan efek yang positif, allah SWT pun maha mengetahui dan islam tidak mempersulit umat untuk beribadaah.

mungkin sudah cukup penjelasan dari saya tentang tata cara shalat dhuha. SELAMAAAT MENCOBA
This Is The Oldest Page
Facebook Comments

0 komentar

Komentar baru tidak diizinkan.
This Is The Oldest Page
Diberdayakan oleh Blogger.