Tata cara sholat hajat

Setiap manusia pasti mempunyai keinginan yang sangat banyak, sampai terkadang keinginan itu tidak bisa di wujudkan satu persatu hingga cara apa saja dipakkai untuk mewujudkan keinginan tersebut. Keinginan adalah sesuatu hal yang manusiawi karena setiap manusia mempunyai keinginan masing - masing. Tetapi proses dalam mewujudkan keinginan tidak lah dengan menghalalkan segala cara seperti contohnya mencuri, menjadi begal, berbuat zalim demi mewujudkan keinginan sendiri, melainkan dengan mendekatkan diri dengan Allah swt yang maha pemberi segala sesuatu dengann cara sholat, sholat yang dimaksud disini adalah sholat hajat.

Hasil gambar untuk sholat hajat

Sholat hajat adalah sholat sunnah yang dilakukan oleh orang yanng mempunyai hajat tertentu dan ingin dikabulkan  Allah. Salat Hajat dilakukan antara 2 hingga 12 raka'at dengan salam di setiap 2 rakaat. Salat ini dapat dilakukan kapan saja kecuali pada waktu-waktu yang dilarang untuk melakukan salat. 
Sholat hajat biasanya dilakukan oleh orang - orang yaang beriman yang mepunyai maksud atau keperluan tertentu, baik yang bersifat fisik maupun batin. 

Tata Cara Sholat Hajat
Mengenai tata cara sholat hajat sendiri, sama dengan sholat - sholat pada biasanya, bacaaan nya dan tata pelaksanaanya. Hanya saja niat nya yanng berbeda. 
Niat sholat hajat sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعاَلَى
Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.
Artinya: “Aku berniat salat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”
Sepeti biasa setelah niat lalu takbiratul ikhram dan membaca alfatihah, setelah membaca alfatihah lalu membacaa suratan pendek yang anda hafal, tidak ditentukan untuk bacaan suratan penndek ini, namun akan lebih baik jika pada rakaat pertama setelah alfatihah membaca surat al kafirun 3kali atau ayaat kursi 1 kali, dan pada rakaat kedua setelah alfaatihah membacaa surat al ikhlas sebanyak 3 kali. 

Setelah selsai sholat hajat dilanjutkan dengan doa - doa, duduklah sebentar seperti sholat padaa umumnya melakkukan doa seperti biasa, namun ada doa tertentu pada sholat hajat yang dibaca. Diawali dengan bacaan dzikir seperti istighfar 100 kali, tasbih(subhanallah) 33 kali hamdallah (alhamdulilah) sebanyak 33 kali,takbir (Allahuakbar) 33 kali dan sholawat nabi sebanyak 100 kali.
Dilanjutkan dengan surat - surat yang bisa dibaca sesudah sholat hajat sebagia berikut ;
  • Al ikhlas sebanyak 11 kali
  • Al falaq sebannyak 11 kali
  • An nas sebanyak 11 kali
  • Ayat kursi sebannyak 11 kali
  • dan bacaan "HAUQOLAH" sebanyak 100 kali
  • serta "HASBUNALLAAHU WANI'MAL WAKIL NI'MAL MAULA WANI'MAN NASIR" sebanyak 100 kali
Selanjutnya mebaca doa sholat hajat, sebagai berikut ;


Bacaanya :
Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya:
“Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.”
Setelah membaca doa diatas apa bila masih mengganjal apa keinginan anda belum tersebut, ada baiknyaa anda berdoa lagi dengan bahasa sendiri, agar semua yang andaa inginkan bisa terucap dan mudah - mudahan dikabulkan Allah swt aaamiiin.

Nah para pengunjung sekaallian itu tadi penjelasan secara singkat menngenai tata cara sholat hajaat. jika kita mempunnyai keinginan dan belum bisa diwujudkan ada baik nya mendekatkan diri dengan Allah swt tidak perlu menzalimi orang lain untuk mewujudkannya  tetapi dengan sholat haajaat lah, mudah2 an apa yang kita inginkan bisa tercapai semua. amiiin yarobal alamin.
This Is The Newest Post
Facebook Comments

0 komentar



This Is The Newest Post
Diberdayakan oleh Blogger.