Panduan Tata Sholat ashar

Ada 5 rukunn dalam islam yanng harus dikerjakann yaitu yang pertama sahadat, kedua sholaat, ketiga puasa, keempat zakaat, dan kelima haji bila mampu, kelima rukun tersebut dianggap sebagai pondasi wajib bagi orang-orang beriman dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. Pembahasan kali ini yaitu tentang sholat.



Sholat adalah suatu kewajiban bagi umat muslim diseluruh dunia,yang merupakan perintah allah swt kepada nabi muhammad dan nabi muhammmad menyampaikan kepada umatnya, sholat 5 waktu adalah wajib hukumnya dikerjakan apabila tidak dikerjakan akan mendapat dosa, dan jika dikerjakan akann mendapat pahalaa, seperti pembahasan yang lalu tentanng Tata cara sholat isya yang menjelaskan sholat itu merupakan tiang agama jadi apabila kita tidak mengerjakan sholat maka tidak bisa juga kita mendirikan agama, karena sahadat saja tidak cukup untuk berdirinya suatu agama,


Nah sedikit saja  saya memaparkan tentang pentingnnya sholat karena sudah banyak sekaali sumber - sumber yang menjelaskan tentanng pentingnya sholat, kita langsung memmbahas tentang sholat ashar.

Sholat ashar yaitu salah satu dari sholat lima waktu yang wajib dikerjakan, berjumlah 4 rakaaat seperti sholat isya dan dzuhur, waktu mengerjakan sholat ashar yaitu padaa saat bayang-bayang suatu benda melebihi panjang benda itu sendiri dan diakhiri dengan terbenamnya sang Matahari. Lebih jelasnya waktu sholat ashar yaitu dimulai dari jam 03.00 dan berakhr ketika masuk waktu magrib.

Waktu sholat ashar adalah waktu yang sulit, mengapa sulit? karena berada pada waktu yang nannggung, tetapi kita tidak boleh meninggalkanya karena ada firman allah tentang sholat ashar yaitu sebaagi berikut:
Allah Ta’ala berfirman,

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَى وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ
Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’.” [QS. Al-Baqarah [2]: 238]
Lebih  jelasnya yang dimaksud sholat wusta pada penjelasan ayat diatas adalah sholat ashar, itu berdasarkan hadis nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika terjadi perang Ahzab, jelas sekali pada ayat tersebut Allah menjelaskan bahwa setiap muslim diwajibkan menjaga sholatnya, sholat wajib 5 waktu yang didalamnya terdapat sholat wusta (ashar), jadi walaupu di waktu yang nannggung kita harus tetap sholat. 
Tata Cara Sholat Ashar
Mengenai tata cara sholat ashar, sama saja dengan sholat 4 rakaat pada umumnya yang diawali dengan niat dan dakhiri dengan salam, namun sebelum niat mensucikan diri terlebih dahulu dengan berwudlu.


1. Setelah mensucikan diri lalu niat sholat ashar, bacaanya sebagai berikut ;


Apabila sholat berjamaah dan menjadi imam, niat ditambah setelah ADAA-AN IMMAMAN LILLAAHI TA'AALA.dan jika menjadi mamum niatnya ADAA-AN MAMUMAN LILLAAHI TA'AALA.

2. setelah niat, lalu takbiratul ikhram mengankat kedua tangan setinggi telinga dan mensedakepkanya di dada sambil mengucap Allhuakbar dan membaca doa iftitah sebagai berikut;


3. Setelah membaca doa iftitah lalu membaca alfatihah
4. Lalu membaca suratan pendek dalam Al Quran yang anda hafal
5. setelah itu ruku dengan bacaan
 “Subhaana rabbiyal 'azhiimi wabihamdih “
6. selanjutnya itidal dengan bacaan
"Sami'allaahu liman hamidah, rabbanaa walakal hamdu”
7. selsai itidal lalu sujud dengan bacaan
“Subhaana rabbiyal a'laa wabihamdih “
8. Duduk diantara dua sujud dengan bacaan
“Rabbighfirlii warhamnii warfa'nii wajburnii warzuqnii wahdinii wa 'aafinii wa'fu 'annii”

9. Pada rakaat kedua setelah sujud yang kedua melakkukann tasyahud awal, dan pada rakaat keempaat melakukan tasyahud akhir, tasyahud ada pada rakaat kedua dan keempat saja pada sholat yang berjumlah 4 rakaat.
10. Salam, salam adalah akhir dari rangkain sholat, setelah membaca tasyahud akhir kepal menoleh ke sebelah kanan dan selanjutnya menoleh kesebelah kiri. 

Setelah selsai menunaikan sholat lebih baik anda menambah doa - doa seperti berdzikir dan bersholawat karena doa setelah sholat adalah doa yang paling manjur.
Nah semoga para pengunjung sekalian bisa mencobanya dan bisa sholat 5 waktu tanpa ditunda - tunda lagi, apa lagi sholat ashar aamiiinnn yarobal alamin
Facebook Comments

0 komentar



Diberdayakan oleh Blogger.