panduan tata cara sholat tahajud

Dari banyak orang pasti ingin melakukan sholat tahajud setiap hari, akan tetapi terasaa  sulit ketika harus bangun tengah malam untuk melakukan solat ,setelah seharian penuh melakukan aktifitas yang melelahkan. Karena itu harus dibiasakan untuk bangun tengah malam dan melakukan solat tahajud. 


Perlu diketahui bahwa solat tahajud memiliki manfaat yang besar ketika dilakukan secara rutin, dan sangat dianjurkan bagi umat islam untuk melakukanya , semua yang terlihat susah akan telihat mudah ketika sudah terbiasa apa lagi jika sudah tahu mannfaat dari sholat tahajud, manfaat solat tahajud diantaranya seperti: penghapus dosa, pembuka rezeki, pengabul doa , dan masih banyak lagi. Itu sebabnya  Rasulullah SAW dalam hidupnya tidak meninggalkan solat tahajud.



 

sudaah tahukah anda tentang sholat tahjud ??? sholat tahajud dalam praktiknya sama dengan sholat - sholat pada umumnya yaitu niat takbiratul ikhram , lalu membaca alfatihah dan di akhori dengan salam, namun shalat tahujud dikerjakan pada malam hari saja yang dilakukan setelah sholat isya sampai masuk waktu subuh, solat tahajud dikerjakan ketika malam hari setelah banngun tidur, jika dikerjakan sebelum tidur bukan merupakan sholat tahajud melainkan hanya solat sunnahh biasa/sholat witir. jumlah rakaat dalam sholat tahjud minimal 2 maksimal tidak terbatas, namun ada yang mengatakan maksimal 8-12 rakaat. hukum dari sholat tahajud sendiri yaitu sunnah muakad, sunah muakad yaitu sunah yang sering dilakukan oleh rasulullah SAW. 



sholat tahujud dalam alquran
sholat tahajud sangat dianjurkan karena allah berfirman dalam alquran surat al isra ayat 79 ;
“Hendaklah kalian sholat malam, karena sholat malam adalah kebiasaan yang dikerjakan orang-orang sholeh sebelum kalian, ia adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Rabb kalian, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi)



                           

                                وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدَبِهِ نَا فِلَةً لَكَ عَسَى اَنْ يَبْعَسَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُوْدًا.


artinya : "dan pada sebagian malam, maka kerjakan sholat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah - mudahan tuhan mu mengangkat mu ke tempat yang terpuji." (Qs al Isra 79)

Ayat diatas berisi tentang perintah sholat tahujud di malam hari. pada ayat diatas solat tahajud adalah sebagai ibadah tabahan buat kita. namun bukan berarti ibadah wajib melainkan tetap sunnah (sunnah muakad).


Dan juga allah berfirman dalam alquran surat azzariya ayat 17-18 yang berbunyi :
   

  
                               كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ () وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ


artinya : "17. di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam , 18 dan selalu memhonkann ampunan diwaktu pagi sebelum fajar "(Qs azzariya: 17-18)

Sama seperti ayat sebelumnya, ayat diatas menganjurkan agar sholat tahajud pada malam hari, karena pada malam hari terasa tenang, hening kita juga bisa khusuk untuk beribadah, istilahnya jarang sekaali oranng yang terbangun untuk beribadah, dan ketika kita bangun untuk melakkukan sholat doa kita akan didengar oleh allah SWT. 


sholat tahajud dalam hadist 
 Rasulullah SAW bersabda:
"Hendaklah kalian sholat malam, karena sholat malam adalah kebiasaan yang dikerjakan orang-orang sholeh sebelum kalian, ia adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Rabb kalian, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi)
sholat malam yang dimaksud bukan hanya shholat tahaajud saja, melainkan solat  witir , terawih ketika ramadhan tiba. 
hadis lain juga terdapat keterangan tentang sholat malam :
ari Amr bin Abasah r.a. berkata: Aku berkata, Wahai Rasulullah, (bagian) dari malam manakah yang paling didengar (oleh Allah)? beliau bersabda : “Pertengahan malam yang terakhir, maka sholatlah sesukamu, karena sholat tersebut disaksikan dan dicatat hingga kamu sholat subuh.” (HR. Abu Dawud)
Masih banyak lagi ayat - ayat maupun hadist tentang sholat tahjud namun saya mencantum kan beberapa saja, karena untuk pengetahuan saja bahwa ada ayat alquran dan hadis yang mengannjurkan umat islam untuk sholat malam, jadi mbak2,mas2, bapak2, dan ibu2 sekalian bisa melakukan sholat tahajud atas dasar quran dan hadist.
tata cara sholat tahajud
Sebelum melakukan segala sesuatu akan lebih baik jika dilakkukan dengan niat terlebih dahulu, hasil dari apa yang dikerjakan tergantung dengan niat. sholat pun harus diniatkan terlebih dahulu, karena sholat bermacam - macam. Jika kita sholat tahajud tetapi niat sholat subuh, alangkah tidak ada hubunganya , solat juga tidak sah ,karena niat nya salah. Maka dari itu saya akan memaparkan  niat sholat tahajud agar tidak salah  dalam praktinya. 

lafadz niat  sholat tahajud :

                                            أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ
artinya : "aku niat sholat tahajud dua rakaat karena allah ta'ala"
Setelah membaca niat sholat tahajud lalu takbiratul ikhram dan membaca alfatihah. Dilanjutkan dengan membaca surat - suratan pendek, seperti sholat padaa umumya dilanjutkan dengan ruku, iktidal, sujud dan diakhiri dengan salam.

surat alfatihah;

Hasil gambar untuk surat al fatihah
 Setelah membaca surat alfatihah dilanjutkan dengan membacaa surat - suratan pendek. Saya ambil contoh surat an-nas pada rakaat pertama.
Hasil gambar untuk surat an nas


Kemudian ruku, itidal  dan sujud dan berdiri lagi untuk rakaat yang kedua, membaca alfatihah dan memebaca surat alfalaq pada rakaaat kedua


Hasil gambar untuk surat al falaq

Pasti anda bertanya mengapa diraakaat pertama membaca surat an nas dan rakaat kedua membaca surat alfalaq??
Jawabaanya adalaah , karena di dalam kedua surat tersebut menganndung arti memohon perlindungan pada Allah SWT dari godaan setan terlebih surat an nas dari godaan jin dan manusia. Namun pada praktiknya tidak harus membacaa kedua surat tersebut, anda boleh membacaa suratan pendek lainya yang anda kuasai.

Doa setelah sholat tahajud

Setelah sholat tahajud duduklah sebentar seperti sholat padaa umumnya melakkukan doa seperti biasa, namun ada doa tertentu pada sholat tahajud yang dibaca. Diawali dengan bacaan dzikir seperti istighfar, tasbih, tahmid dan sholawat nabi. Dengan berdzikir akan membuat kita dekaat dengan Allah Swt.


istighfar sebaiknya dibaca sebanyak – banyaknya atau minimal 100 kali, dilanjutkan dengan bacaan tasbih


bacaan tasbih sebaiknya minimal dibaca 33 kali, lebih bannyak akan lebih baik, lalu bacaan sholawat nabi.


bacaan sholawat nabi sama dengan baacaaan tasbih dibaca lebih bannyak akan lebih baik.


Seperti yang saya tulis diatas berdzikir adalah cara untuk mendekaatkan diri dengan Allah swt, tidak perlu  dipermasalahakan banyak atau tidaknya, karena jika sedikit tapi setiap hari berdzikir itu juga baik. jadi sebaiknya dilakkukan dan dibaaca dengan khusuk dan ikhlas. Sesudah membaca serangkain dzikir tadi,lalu membaca doa sesudah sholat tahjud. Mari kit abaca bersama.




Jika untuk menghafal doa sesudah sholat tahajud susah, anda bisaa berdoa sambill membacanya dibuku doa, bisa juga berdoa dengan bahasa kita sendiri, misalkan bahasa Indonesia. Karena Allah swt maha mengetahui segala sesuatunya, tidak dipersulit bagi umatnya untuk beribadah.


Setelah selsai berdzikir dan membacaa doa sesudah sholat tahajud anda bia melanjutkanya dengan membaca alqur an sembari menunggu adzan subuh. Sekian pengetahuan dari saya tentang  tata cara sholat tahajud, semoga bermanfaat. 
Facebook Comments

0 komentar

Komentar baru tidak diizinkan.
Diberdayakan oleh Blogger.