Panduan Tata Cara Sholat Isya

Asalamualiakum wr, wb. para pengunjung sekalian, setiap harinyaa kita umat islam diharusakan untuk sholat 5 waktu, namun pada praktiknya terkadang banyak sekali orang yang meninggaalkan sholat karna rutinitas sehari- hari yang padat dan tidak bisa ditinggalkan, atau ketika sudah pulang kerja, sepulang dari sekolah ataau dari manaapun merasa lelah dan karena lelah itu anda malas untuk sholat dan meninggalkan sholat.


Para sahabat sekalian, sholat merupakann tiang agama dan syahadat sebagaai pondasinya, tiang sangat penting didalam berdirinya sesuatu. Saya misalkan agama adalah bangunan, jika suatu bangunan tidak memiliki tiang penyangga maka tidak akan berdiri bangunan itu, walaupun sudah memiliki pondasi yang kuat, ataupun bangunan yang sudah mempunyai tiang tetapi tiang itu rapuh, anda sudah bisa mengira ngira, pasti sebuah bangunan itu akan rubuh dan bahkan hancur. Begitu pula dengan agama islam, syahadat saja tidak cukup untuk menyanngga berdirinnya agama islam, syahadat sebagaai pondasi dan sholat sebagai tiaanngnya. Apabila kita umat islam rajin melakkukan sholat 5 waktu maka sholat tersebut sebagai tiang, dan kita bayangkan jika suatu bangunan memiliki 5 tiang peyangga pasti bangunan tersebut terlihat kokoh.

Di dalam alquran sendiri terdapaat perintah sholat, yaitu pada surat albaqarah, yang bunyinya "Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku". sudah jelas sekali bahwa umat islam dianjurkan untuk sholat dan membayar zakat. Dan dalam hadist Rasulullah bersabda dari Abu Hurairah ia berkata "Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya pertama-tama perbuatan manusia yang dihisab pada hari qiyamat, adalah shalat wajib. Maka apabila ia telah menyempurnakannya (maka selesailah persoalannya). Tetapi apabila tidak sempurna shalatnya, dikatakan (kepada malaikat), “Lihatlah dulu, apakah ia pernah mengerjakan shalat sunnah ! Jika ia mengerjakan shalat sunnah, maka kekurangan dalam shalat wajib disempurnakan dengan shalat sunnahnya”. Kemudian semua amal-amal yang wajib diperlakukan seperti itu”
Dari penjelasan alquran dan hadist diatas sudah jelas sekaali bahwa sholat dianjurkan bagi umat muslim dan wajib hukumnya dikerjakan.


Pada kesempataan kali ini saya akan membahas tentang Panduan dan Tata Cara Sholat Isya dengan bacaaan sholat yang dimulai dari niat sampai akhir, yaitu salam.


Sebelum kita membahas tentang Tata Cara Sholat isya, mari kita bahas terlebih dahulu tentang keistimewaan sholat isya, kapan waktu dilakukan sholat isya serta kapan waktu isya berakhir. Untuk mempersingkat waktu mari kita bahas.

Sholat isya merupakan sholat fardu yang wajib dilakukan bagi umat islam diseluruh dunia, baik laki - laki maupun perempuan yang sudah baligh, berakaal, sehat jasmani dan rohani. Sholat isya adalah sholat fardu 4 rakaat yang wajib dilakukan setiap hari. Apa bila tidak dikerjakan akan mendapat dosa besar, karena hukum mengerjakan sholat isya adalah fardu'ain, wajib dikerjakan apabila tidak dikerjakan mendapat dosa. Sebaliknya apaabila dikerjakan akaan mendapat pahala yang besar.



Waktu sholat isya sendiri yaitu sehabis sholat magrib pada saat hilangnya cahaya merah di langit barat dan berakhirnya hingga terbitnya fajar shaddig pada pagi hari. Pada saat hilangnya cahaya merah dilangit atau sekitar pukul 07.00 malam dan berakhir pada waktu terbitnya fajar atau pada saat masuknya waktu subuh, sekitar pukul 04.30.


Tentanng kesitimewaan sholaat isya, setiap sholat pastilah mempunyai keistimewaan yang sangat banyak, karena sholat adalah mendekatkan diri dengan sang pencipta. Sholat isya dikerjakan pada waktu - waktu manusia untuk istirahat, maka dari itu jika kita mengerjakanya akan mendapat pahala yaang besar dan hanya orang - orang munafik yang tidak mengerjakan sholat isya, seperti pada sabda Rasullah saw "Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari shalat Shubuh dan shalat ‘Isya’. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walau sambil merangkak.” (HR. Bukhari no. 615).


Tata Cara Sholat Isya
Nah sekarang anda pasti sudah tahu kapan sholat isya dilakukan hingga waktu berakhirnya, serta keistimewaan sholat isya bukan? Untuk lebih lanjut mari kita bahas mengenai Tata Cara Sholat Isya.

Masih sama pada sholat - sholat pada umunya yaitu diawali niat, takbiratul ihkram, membaca alfatihah, membaca suratan pendek, ruku, itidal, sujud dan diakhiri dengan salam.
bacaan niat sholat isya jika sendiri sebagai berikut;
Apabila sholat berjamaah dan menjadi imam, niat ditambah setelah ADAA-AN IMMAMAN LILLAAHI TA'AALA.dan jika menjadi mamum niatnya ADAA-AN MAMUMAN LILLAAHI TA'AALA.

Setelah selsai membaca niat, lalu takbiratul ikhram dengan mengucap Allahuakbar dan mensedakepkan kedua tangan di dada lalu membaca doa iftitah. Bacaanya sebagai berikut:



Setelah selsai membaca doa iftitah lalu membaca alfatihah



Selsai membaca alfatihah lalu membaca surat - suratan pendek, saya ambil contoh surat al ikhlas yang mudah untuk dihafal.



Selanjutnya yaitu ruku, setelah selsai mebaca suratan pendek lalu mengangkat kedua tangan setinggi telinga sembari mengucap Allahuakbar dan meletakan kedua tangan di lutut, seperti pada gambar  
Hasil gambar untuk gambar orang ruku
Dan membaca bacaan ruku ,

Setelah ruku dan membaca bacaan ruku, dilanjutkan dengan itidal yaitu bangun dari ruku (berdiri tegak) dengan mengangkat kedua tangan sebatas telinga sambil membaca sammi allahu liman hamidah, tetapi tangan tidak disedakepkan, melainkan disamping seperti berdiri biasa.
Bacaan itidal ;

Itidal selsaai lalu dilanjutkan dengan sujud, sebelum sujud ketika masih berdiri mengucapkan Allahuakbar namun, tidak mengankat kedua tangan melainkan langsung sujud dengan meletakan dahi atau jidat dan tangan di bumi (lantai), dan membaca doa sujud sebagai berikut, 



Selanjutnya anda bangun dari sujud mengucapkan Allahuakbar dan duduk diantara dua sujud lalu membaca doa duduk diantara dua sujud, yang bacaanya, 



Selsai membaca bacaan duduk diantara 2 sujud, kembali sujud yang kedua dengan bacaan sama seperti sujud yang pertama. Setelah itu berdiri kembali dan melakukan rakaat yang kedua.

Pada rakaat yang kedua, rangkain sholat sama seperti pada rakaat pertama, membaca alfatihah, membaca suratan pendek (apabila pada rakaat pertama sudah al iklas maka rakaat yang kedua dibedakan) , ruku, itidal sujud.

Pada sujud yang kedua ada duduk yang dinamakan tasyahud awal/tahiyat awal. Tasyahud awal adalah Gerakan Shalat dg duduk kaki kanan tegak dan telapak kaki kiri diduduki pada Raka’at Kedua jika jumlah Raka’at pada Shalat anda 3 maupun 4 Raka’at Setelah Sujud Kedua (Setelah Sujud Pertama, Duduk diantara Sujud dan Sujud Kedua) baru kemudian Tasyahud Awal. 
Bacaan tasyahud awal ;


Setelah selsai membaca tasyahud awal lalu berdiri kembali dengan mengucap Allahuakbar dan memulai rakaat yang ketiga.

Pada rakaat yang ketiga sama saja rangkaian sholatnya dengan rakaat pertama, namun tidak membaca suratan pendek dan tidak ada tasyahud/tahiyat awal ataupun akhir. Begitu juga rakaat yang keempat tidak membaca suratan pendek melainkan membaca tahiyat akhir, bacaanya sebagai berikut ;

bacaan Tasyahhud Akhir

arti bacaan Tasyahhud Akhir

Dilanjutkan salam, kepala menoleh ke kanan dengan membaca

bacaan salam

Lalu menoleh kekiri dengan bacaan yang sama 

bacaan salam

Setelah salam selsai sudah rangkain dalam sholat, tinggal anda sendiri yang menambahkan doa - doa, berzikir dan bertasbih. Apabila belum hafal doa sesudah sholat yang panjang lebih baik baca yang pendek terlebih dahulu atau memakai bahasa sendiri bahasa seari hari yang kita ketaui, Allah maha tau dan tidak dipersulit bagi umatnya untuk beribadah.

Nah sekian dari saya tentang tata cara sholat isya, semoga para pengunjung bisa menyisihkan waktu padaa rutinitas sehari - hari yang padat untuk menunaikan sholat, tidak akan dipersulit segala sesuaatunya bagi kita yang mau meyisihkan waktu untuk sholat. Jadi mari kita sholat agar dipermudah segala sesuatunya dan diperlancar rezeki kita. aamiiin yarobal alamin. Semoga yang saya tulis bisa bermanfaat bagi orang banyaak.
Facebook Comments

0 komentar



Diberdayakan oleh Blogger.