Panduan Tata Cara Sholat Magrib

Sholat magrib adalah sholat 5 waktu yang wajib dikerjakan bagi umat islam di seluruh dunia, wajib dilakukan bagi laki - laki , maupun perempuan yang sudah baligh, sholat maagrib adalah sholat wajib yang paling sedikit rakaatnya setelah sholat subuh, yaitu 3 rakaat, dikerjakan pada saat matahari mulai tenggelam di ufuk barat, hinngga tenggelam itu sudah masuk waktu isya



Para sahabat sekalian pernah kah anda meninggal sholat magribb?

jika pernah anda akan sangat merugi, karena banyak sekali keistimewaan sholat magrib. dari segi kesehatan saja bermanffaat yaitu pada ginjal.

Pada waktu sholat maghrib hawa udara semakin menurun, sistem ginjal mulai menyesuaikan diri dengan alam dan energi disekitarnya. Ginjal dan kandung kemih adalah organ yang berpasangan. keduanya akan mengontrol tulang, sumsum dan otak. Kedua organ ini memainkan peran yang sangat penting dalam metabolisme air dan mengendalikan cairan tubuh. Gerakan sholat maghrib di waktu maghrib sangat membantu penyesuaian organ tubuh dengan keadaan alam sekitar. Karena gerakan sholat akan menjaga energi panas dalam tubuh agar selalu seimbang.

Disamping itu sholat magrib adalah sholat yang wajib dikerjakan. Apabila kita tidak mengerjakan atau meninggalkanya, akan mendapat dosa besar, sebaliknya apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala. Sholat 5 waktu juga dapat mengahapuskan dosa terdahulu,, mencegah perbuatan - perbuataan yanng tidak baik, mendekatkan diri pada sang pencipta. 

Tata Cara Sholat Maghrib 

Untuk tata cara/praktik dari sholat maghrib sendiri yaitu sama dengan sholat 5 waktu pada umunya yang didahului niat, takbiratul ikhram, membaca alfaatihaah, lalu membaca surat - suratan pendek yang ada dalam alqura, setelaah itu ruku, itidal, sujud dan diakhiri dengan salam.niat sholat magrib sendiri sebagai berikut,

Niat sholat maghrib

Niat sholat magrib jika sendiri:

Niat sholat magrib sebagai imam



Niat sholat maghrib sebagaai makmum;


Setelah selsai membaca niat sholaat magrib lalu takbiraatul ihkram dengan mengucap Allahuakbar , dengan mengangkat tangan setinggi telinga dan mensedakepkan di dada, lalu membaca doa iftitah, bacaanya sebagaai berikut:



Setelah selsai membaca doa iftitah lalu membacaa surat alfatihah


Setelah selsai membacaa alfaatikhah lalu membaca surat - suratan pendek, sayaa sarankan membaca surat yang andaa sudah hafal terlebih dahulu agar lebih mudah. Saya ambil contoh bacaan surat al falaq sebagai berikut:

Bacaanya:
"Qul a'uudzu birabbil falaq, Min syarri maa khalaq, Wamin syarri ghaasiqin idzaa waqab, Wamin syarrin-naffaatsaati fiil 'uqad, Wamin syarri haasidin idzaa hasad."

Saya ambil contoh salah satu surat dalam alquran surat al faalaq karena surat alfalaq berguan untuk meminta perlindungan kepada allah swt dari godaan setan - setan yanng terkutuk dan dari manusia yang disengaja maupun tidak disengaja, dan masih banyak lagi surat - surat yang bisa dibaaca pada saat sholat seperti annass, al ikhlas dan laain sebaagainyaa. Anda bisa membeli jus'ama yang didalamnya berisikan suratan pendek yang bisa anda baca dan anda hafal.

Setelah membacaa surataan pendek, seperti sholat pada umunya  melakukan ruku dengan cara, mengangkat telapak tangan setinggi telinga dan mengucapkan Allahuakbar lalu membungkkukkan badan, kedua tangan memegang lutut, sambil membungkuk posisi kepala dan punggung sejajar, atau rata. dan membaca doa sebagai berikut, 


Setelah ruku berdiri sambil mengucap  "sammi allahu liman hamidah"  dan membaca doa itidal sebagai berikut,

Itidal selsaai lalu dilanjutkan dengan sujud, sebelum sujud ketika masih berdiri mengucapkan Allahuakbar namun, tidak mengankat kedua tangan melainkan langsung sujud dengan meletakan dahi atau jidat dan tangan di bumi (lantai), dan membaca doa sujud sebagai berikut, 

Selanjutnya anda bangun dari sujud mengucapkan Allahuakbar dan duduk diantara dua sujud lalu membaca doa duduk diantara dua sujud, yang bacaanya, 


Lalu anda sujud lagi dengan bacaan yang sama, yaitu bacaan sujud yang sudah saya paparkan tadi, setelah sujud kembali anda berdiri dan melaksanakan rakaat yang kedua, dengan urutaan yang sama, yaitu membaca alfatihah lalu diteruskan membaca surataan pendek.

Ruku,, itidal, sujud, duduk diantara dua sujud kembali sujud lagi, dan disini yang berbeda dari rakaat yang pertama. Pada rakaat kedua setelah sujud yang kedua, ada duduk yang dinamakan tasyahud awal/tahiyat awal. Tasyahud awal  adalah Gerakan Shalat dg duduk kaki kanan tegak dan telapak kaki kiri diduduki pada Raka’at Kedua jika jumlah Raka’at pada Shalat anda 3 maupun 4 Raka’at Setelah Sujud Kedua (Setelah Sujud Pertama, Duduk diantara Sujud dan Sujud Kedua) baru kemudian Tasyahud Awal. 

Tasyahuud awal biasaanya dialakukan padaa sholat fardu yang berjumlah 3 atau 4 rakaaat, yaitu sholat dzuhur, ashar, magrib, dan isya. Kecuali subuh, karena subuh hanya 2 rakaat dan di rakaat yang kedua langsung tahiyat terakhir.

Bacaan tasyahud awal sebagai berikut,
Setelah selsai membaca tahiyat awal, lalu berdiri dengan mengucap Allahuakbar dan melakukan rakaat yang ketiga , rakaat yang terakhir dengan bacaan yang sama dan tata cara yang sama, hannya di rakaat terkhir hanya membaca  alfatihah, tidak membaca suratan pendek.  


Setelaah membaca alfatihah anda langsung melakukan ruku, tidak membaca suratan pendek. dengan bacaan ruku yang sama seperti pada rakaat yang pertama. Begitu pula  dengan itidal, sujud dan duduk diantaraa dua sujud dengan bacaan yang sama seperti pada rakaaat pertama.

Pada rakaat terakhir ini, setelah sujud yaang kedua tidak melakukan tahiyat awal, melainkan melakukan tahiyat akhir dengan bacaaan yang sedikit berbeda. Bacaan tahiyaat akhir sebagai berikut,


bacaan Tasyahhud Akhir
arti bacaan Tasyahhud Akhir

Lalu salam, setelah membaca tahiyat akhir kepala menoleh ke kanan dengan membaca 

bacaan salam
Lalu kekiri dengan bacaan yang sama

bacaan salam
Dengan diakhiri salam, maka rangkaian sholaat maghrib telah selsai dari rakaat pertama hingga akhir(rakaat ketigaa). Setelah itu dilanjutkan dengaan doa - doa yang biasanya dipanjatkan menggunakan bahasa arab, sedangkan terkadang kita sulit untuk mengahafal doa - doa tersebut, karena panjang, sudah hafaal tetapi sering lupa. Sebaiknya jika anda belum hafal bacaan doa yang biasa di baca setelah sholat, anda bisa berdoa dengan bahasa sehari - hari, bahasa indonesia atau bahasa daerah masing - masing. Tetapi terkadang setelah sholaat imam juga mengimami doa doa setelah sholat, andaa bisa mengikutinya sembari mengingat-ingat agar hafal dan bisa melakukannya sendiri 

Nah, sekian dari saya tentang tata cara sholat magrib, semoga dapat bermanfaaat bagi orang banyak dan untuk pengunjung bisa rajin sholatnya hehehe aamiinn . 
wasalaaaamm.
Facebook Comments

0 komentar



Diberdayakan oleh Blogger.