Tata Cara Sholat Jum'at

Sudah tahu kah anda tentang sholat jumat??? pasti sudah banyak sekali yang tahu tentang apa itu sholat jumat, dan kapan waktu dikerjakanya. bagi yang belum tahu dan ingin tahu bagaimana tata cara mengerjakan sholat jumat, mari kita bahas.


Kita mulai dari pengertian sholat jumat itu terlebih dahulu, sholat jumat adalah sholat yang dikerjakan pada waktu dezuhur pada hari jumat sebagai pengganti dari sholat dzuhur, sholat jumat didahului 2 khutbah terlebih dahulu, harus dilakukan secara berjamaah minimal ada 40 orang jamaah yang hadir dalam sholat jumat, lalu ada yang bertugas sebagai bilal, khotib dan imam. dan biasanya khotib merangkap sebagai imam.

Sholat jumat sendiri hukumnya fardu/wajib bagi laki - laki yang sudah baligh jasmani dan rohani, beragama islam, berakal yaitu orng yag mempunyai akal dan fikiran yang sehat alias tidak gila, bukan musafir dan apabila sudah memenuhi syarat tetapi dia sakit, maka tidak diwajibkan melakukan sholat jumat.

Bolehkah perempuan ikut sholat jum'at??? tidak ada tuntunannya bagi perempuan untuk sholat jumat, namun biasanya banyak orang lansia yang berbondong bondong kemasjid untuk melakukan sholat jumat, jika yang melakukan sholat jumat lansia apaboleh dikata, mau diperingatkan juga sudah tua, jadi dibiarkan, bagi yang muda lebih baik tidak melakukanya.

Suratan yang dibaca pada sholat jumat
Ada beberapa surat yang sunah untuk di baca pada waktu sholat jumat,
seperti surat al jumuah yang berbunyi:


surat al kahfi yanng berbunyi;



mengapa sunaaah membaca kedua surat ini, karena kandungan daalaam kedua suraat ini berkaaitaan dengan hari jumaat, hari berkumpulnya dalaam satu majelis dan melakukan sholat berjamaah. Isi kadnungan pada surat al jjumuah yaitu, apabila imam naik mimbar dan muazzin telah azan di "hari jumu’ah", maka kaum muslimin wajib bersegera memenuhi panggilan muazzin itu dan meninggalkan semua pekerjaannya.
Tafsirnya, seruan Allah terhadap orang-orang beriman atau umat Islam yang telah memenuhi syarat-syarat sebagai mukallaf untuk untuk melaksanakan salat jumu’at umat Islam diwajibkan untuk meninggalkan segala pekerjaannya, seperti menuntut ilmu dan jual beli. Umat islam yang memenuhi seruan Allah tersebut tentu akan memperoleh banyak hikmah.


Umat Islam yang telah selesai menunaikan salat diperintahkan Allah untuk berusaha atau bekerja agar memperoleh karunia-Nya, seperti ilmu pengetahuan, harta benda, kesehatan dan lain-lain. Di mana pun dan kapanpun kaum muslimin berada serta apapun yang mereka kerjakan, mereka dituntut oleh agamanya agar selalu mengingat Allah. Mengacu kepada QS al-Jumuah 9-10 umat Islam diperintahkan oleh agamanya agar senantiasa berdisiplin dalam menunaikan ibadah wajib seperti salat, dan selalu giat berusaha atau bekerja sesuai dengan nilai-nilai Islam seperti bekerja keras dan belajar secara sungguh-sungguh.
Selain berisikan perintah melaksanakan salat jumu’at juga memerintahkan setiap umat Islam untuk berusaha atau bekerja mencari rezeki sebagai karunia Allah SWT. Ayat ini memerintahkan manusia untuk melakukan keseimbangan antara kehidupan di dunia dan mempersiapakan untuk kehidupan di akhirat kelak. Caranya, selain selalu melaksanakan ibadah ritual secara tekun dan sungguh-sungguh.
Sedangkan kandungan dari surat al kahfi sediri yaitu bahwa, terdapat tujuh puluh ribu malaikat yang melepas kepergiannya tatkala diwahyukan; atau barang siapa yang membacanya pada hari Jum’at maka Allah Swt mengampuninya hingga Jum’at berikutnya dan barang siapa yang membaca surah al-Kahf pada setiap malam Jum’at maka ia mati syahid ketika meninggal dunia dan kelak dibangkitkan dengan para syahid dan masih banyak lagi keutamaan yang lain.

Jadi alangkah baiknya jika kedua surat ini dibaca ketika haari jumat. sebenarnya tidak ada ketentuaan untuk membaca surat  tertentu pada hari jumat, hanya saja sunahnya yang baik dikerjakan, seperti membaca surat al jumuah dan alkahfi dan masih banyak lagi suurat - surat yang sunah dibaca pada hari jumat.

Ada sunah lain selain membaca surat - suraat alquran pada sholat jumaat diantaranya,
  1. Mandi sebelum Sholat Jumat dilaksanakan
  2. Memotong kuku dan mencukur kumis
  3. Memakai baju terbaik, dan pakaian yang lebih baik adalah pakaian berwarna putih sebagai usaha untuk menjaga kekhusyukan.
  4. Memakai wangi-wangian
  5. Datang lebih awal. Sebagaimana dijelaskan dalam Hadist Bukhari, “Pada Hari Jumat di setiap masjid ada beberapa malaikat yang mencatat satu persatu orang yang hadir Sholat Jumat sesuai dengan kualitas kedudukannya. Apabila imam datang atau telah naik mimbar, maka para malaikat itu menutup lembaran catatan tersebut lalu mereka bersiap-siap mendengarkan Khutbah Sholat Jumat. Orang yang lebih awal diumpamakan seperti orang yang berqurban seekor unta gemuk, orang yang datang berikutnya seperti berqurban seekor sapi dan yang datang selanjutnya seperti berqurban seekor kambing. Yang datang selanjutnya seperti orang yang bersedakah seekor ayam dan berikutnya yang terakhir seperti orang yang bersedekah dengan sebutir telur.”
  6. Berdoa keluar rumah
  7. Berjalan kaki ke masjid, karena setiap langkah kaki yang ditujukan ke masjid dapat menghapuskan dosa. Selain itu juga disunnahkan untuk tidak banyak bicara.
  8. Apabila telah sampai ke masjid, disunnahkan melangkahkan kaki dengan didahulukan yang kanan.
  9. Melaksanakan Sholat Takhiyatul Masjid, yakni sholat yang dilakukan dalam rangka menghormati masjid.
  10. Bertafakkur, membaca Al Quran, dzikir atau memperbanyak sholawat sebelum adzan di kumandangkan.
Tata Cara Sholat Jum'at
Niat sholat jum'at

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala.
Artinya :
"Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta'ala."

Setelah membaca niat, takbiraatul ikhram dengan mengucaap Allahuakbar lalu membaca alfatihah,
Hasil gambar untuk surat al fatihah

Setelah anda selsai membaca alfatihah, lalu membaca surat - suratan dalam alquran, seperti surat yang telah dijelaskaan diatas, yang sunah untuk dibaca lalu selanjutnya anda mengikuti imam sholat jumat 2 rakaat, seperti sholat pada umunya  yaitu niat takbiratul ihram, membaca alfatihah, rukuk, itidal, sujud dan diakhiri dengan salam.

Sesudah sholat jumat
Seperti sholat-sholat lainnya, setelah Sholat Jumat pun disunnahkan membaca dzikir dan melaksanakan sholat sunnah ba’diyah. Hal ini diriwayatkan oleh HR. Al Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, Sholat Jumat Ba’diyah, Di Hari Jumat, setiap kaum muslim tanpa terkecuali juga disunnahkan untuk memperbanyak sholawat, mempelajari perjalanan sirah mulianya, dan memperdalam penghayatan agama yang telah disampaikan Nabi Muhammad Saw. 


Rosulullah Saw bersabda, "Perbanyaklah sholawat kepadaku setiap Jumat. Karena shalawat ummatku akan diperlihatkan padaku setiap Jumat. Brangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku di Hari Kiamat nanti (HR. Baihaqi).,"


Jika tidak hafal doa doa tertentu, akan lebih baik jika doa dengan bahasa sendiri agar apa yang diinginkan bisa tdikabulkan, karena hari jumat adalah hari yaang baik. 
Facebook Comments

0 komentar



Diberdayakan oleh Blogger.